UIN Walisongo buka Jalur Mandiri Prestasi untuk 34 jurusan

UIN Walisongo Semarang — Calon mahasiswa yang tidak lulus SNBP di UIN Walisongo tidak perlu kecil hati karena masih ada beberapa jalur masuk yang bisa ditempuh, yang terdekat yakni Jalur Mandiri Prestasi dengan beragam jurusan.

Jalur Mandiri Prestasi dilaksanakan dengan melakukan penelusuran nilai rapor, penelusuran prestasi (kejuaraan bidang agama, sains, olah raga, dan seni), atau kemampuan luar biasa lainnya seperti hafal Al-Qur’an 30 juz, mampu baca kitab kuning dengan sangat baik, melakukan penemuan teknologi tepat guna, dan sebagainya.

Jadwal pendaftaran Jalur Mandiri Prestasi UIN Walisongo adalah sebagai berikut.

1.   Pendaftaran online dan upload dokumen: 11 Maret–2 Mei 2024

2.   Proses Seleksi I (verifikasi berkas): 4–5 Mei 2024

3.   Pengumuman Seleksi Tahap I: 15 Mei 2024

4.   Proses Seleksi II: 3–14 Juni 2024

5.   Pengumuman Seleksi Tahap II dan UKT: 10 Juli 2024

Syarat Menggunakan Nilai Rapor:

1.   Siswa kelas terakhir pada tahun 2024 dari SMA/MA/SMK/MAK/Pesantren Mu’adalah/Pendidikan Diniyah Formal Ulya atau yang setara.

2.   Berasal dari Sekolah/Madrasah/Pesantren Muadalah/Pendidikan Diniyah Formal Ulya yang terakreditasi.

3.   Memiliki nilai rata-rata rapor per semester di atas 75 (Skala 100) atau rata-rata 7,5 (skala 10).

4.   Tidak pernah tinggal kelas.

Syarat Menggunakan Prestasi Bidang Agama, Sains, Olah Raga, dan Seni:

1.   Lulusan 3 tahun terakhir (2022, 2023 dan 2024) dari SMA/MA/SMK/MAK/ Pesantren Mu’adalah/Pendidikan Diniyah Formal Ulya atau yang setara.

2.   Bagi yang memiliki prestasi kejuaraan, dibuktikan dengan piagam atau sertifikat Juara 1, 2 dan 3 (memperoleh piala atau medali emas, perak, atau perunggu) minimal tingkat provinsi dalam bidang olahraga, seni, olimpiade bidang studi, lomba bidang keagamaan, dan/atau prestasi ekstrakurikuler yang diperoleh selama duduk di SMA/MA/SMK/MAK/Pesantren Mu’adalah/Pendidikan Diniyah Formal Ulya atau yang setara.

3.   Bagi yang memiliki keahlian/kemampuan luar biasa dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan dari lembaga atau pelatih. Contoh: Hafal Al-Qur’an 30 juz, kemampuan baca kitab kuning, penemuan teknologi tepat guna, dan lain-lain.

4.   Mempunyai kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Berikut 34 jurusan S-1 di UIN Walisongo yang tersebar di delapan fakultas.

1.   Fakultas Syari’ah dan Hukum: Hukum Keluarga Islam (Ahwal al Syakhsiyah), Hukum Pidana Islam (Jinayah), Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah), Ilmu Hukum, dan Ilmu Falak (Astronomi Islam).

2.   Fakultas Ushuluddin dan Humaniora: Aqidah dan Filsafat Islam, Studi Agama-Agama, Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Tasawuf dan Psikoterapi, serta Ilmu Seni dan Arsitektur Islam.

3.   Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan: Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Inggris, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD).

4.   Fakultas Dakwah dan Komunikasi: Bimbingan dan Penyuluhan Islam, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Manajemen Dakwah, Pengembangan Masyarakat Islam, serta Manajemen Haji dan Umrah.

5.   Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam: Ekonomi Islam, Perbankan Syar’iah, Akuntansi Syari’ah, dan Manajemen.

6.   Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik: Sosiologi, Ilmu Politik.

7.   Fakultas Psikologi dan Kesehatan: Psikologi, Gizi.

8.   Fakultas Sains dan Teknologi: Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Matematika, Kimia, Fisika, Biologi, Teknologi Informasi, dan Teknik Lingkungan.

Leave a Comment